Senin, 12 Desember 2011

sebelum 30 menjelang...

sepanjang 29 tahun umur saya, hanya satu kali saya pernah punya pesta ulang tahun. Pesta ulang tahun dalam defenisi anak-anak, ada gaun pesta yang dibawahnya mekar berlapis-lapis, ada balon-balon warna warni..ada mie goreng, ada bungkusan yang dibawa tamu-tamu pulang dan tentu saja ada kue tart dengan hiasan bunga-bunga dan boneka, ada yang menyanyikan lagu selamat ulang tahun beramai-ramai, tiup lilin dan potong kue..pesta itu disiapkan mama pas saya berumur 4 tahun, dirayakan bersamaan dengan pesta ulang tahun kakak saya yang ke 7 tahun. Kakak saya berulang tahun ditanggal 22 november dan saya 7 desember. biar hemat :)

Sisanya, mama dan saya lebih banyak mengandalkan kreativitas. Ketika saya TK, saya tidak sempat ikut pesta ulang tahun karena sakit. hanya kakak saya yang punya foto seragam ulang tahun TK kami. Beranjak SD, ulang tahun saya dirayakan dengan membagi-bagi potongan kue bolu marmer jeruk bikinan mama atau berbagi permen dan wafer. sesempatnya saja.Beranjak SMP, traktiran mulai jadi tren. berasa keren kalo bisa mentraktir teman makan, baik itu cuma makan di kantin,atau beli gorengan aja. kalau punya uang banyak, bisalah mentraktir teman di warung bakso. Pas SMU, saya lebih sering ngajakin teman makan di rumah, dengan menu buatan sendiri. Pas kuliah, menunya malah lebih variatif, dari mie goreng hingga nasi dan ikan bakar lengkap dengan sumber uang hasil jualan risoles atau lauk-pauk.

Keluarga kami tidak kaya raya, tapi juga tidak kekurangan. alhamdulillah, tapi membuat perayaan ulang tahun memang bukan hal yang biasa di keluarga. kami biasanya menghabiskan hari ulang tahun dengan masakan rumahan, hanya dibuat agak istimewa atau sesekali beli martabak mesir dan nasi goreng kubang.Sepanjang masa sekolah dan kuliah, saya melihat dan beberapa kali kecipratan rejeki traktiran ulang tahun teman. Ulang tahun teman yang cukup membuat iri adalah ulang tahun seorang teman SMU di sebuah restoran fast food ternama. acaranya sih ga luar biasa, tapi black forestnya, ciuman pipi kiri dan kanan dari orang tua, menu yang disajikan yang luar biasa serta orang yang mengundangnya yang keren:D..apalagi untuk jarang makan fast food ky saya dulu..

Empat tahun ngekos di jogja, ulang tahun mulai menjadi suatu yang ritual..mulai dari kejutan, trus traktiran trus kalo lagi beruntung dapat kado :),. lagi-lagi sebagai anak kos, saya mengandalkan kreativitas saja..bikin brownies sediri, bikin makanan apa trus ngajak anak-anak makan bareng. sekalinya pernah dikasih kejuatan tengah malam ama adik-adik kos dan dipaksa nraktir burger ama mereka, naik kelas dari selera burjo..uang di dompet 180rb ludes, badan dan rambut abu amis telor..lengkap sudah penderitaan..bau dan bangkrut:). Pernah juga dapat kejutan dari teman-teman, tapi karena lagi ga enakan, saya ga keluar dari kamar..esok paginya didepan kamar saya sudah ada kursi, boneka dan kue ultah lengkap dengan surat cinta dari mereka..boneka pertama saya:)

Tahun ini, tahun kedua saya ulang tahun sebagai seorang dosen dan ditempat baru. beda dengan tahun lalu, ulang tahun saya kali ini tidak bertepatan dengan hari mengajar dan rumah yang jauh..jadi rasanya tidak akan ada surprise party. tengah malam, saat memasuki umur 29..saya hanya sholat dua rakaat dan berdoa panjang, berterima kasih sama Yang Maha Menciptakan dan yang memegang umur saya.. mengajukan beberapa permintaan khusus dan kemudian tidur. Paginya malah tidak ada menu istimewa, hanya telor balado karena siangnya saya dan teman-teman janjian makan siang bareng..biasa saja.Hanya sms yang silih berganti masuk ke inbox hp dan beberapa telpon dari sahabat yang menyiratkan hari itu hari saya. bahkan keluarga saya saja lupa..ha ha. Baru menjelang malam, saya mendapatkan kejutan dari romel, atiek dan kiki yang datang ke rumah malam-malam mebawa satu kue ulang tahun yang imut2 dengan satu lilin menyala...ga terduga karena rumah saya jauhnya minta ampun, sampe saya tergagap2 pas mau berdoa. Semakin malam makin istimewa, setelah satu kejutan dari teman tadi, hampir jam 1 setelah saya hampir terlelap saya mendapatkan kejutan lagi, kali ini dari egi, fauzi, jenni, jimmy dan wendra anak-anak saya. mereka datang jauh jauh dari rumbai untuk saya...sampai jam 3 kami bercerita dan berbagi tawa..sampai tetangga ada yang keluar rumah karena berisik..dan terakhir jumat lalu, saya merayakannya dengan kakak saya arina dengan banyak tawa dan cerita. i do feel blessed.

hari ulang tahun yang (hampir) seperti hari biasa padahal pertambahan umur bukanlah hal yang biasa. setahun lagi saya tiga puluh. diusia saya hari ini, teman saya sudah punya anak 3, ada yang baru menikah..ada yang sedang mengambil sekolah doktoral, punya karier yang strategis dan lain-lain. tapi hidup saya juga alhamdulillah sangat baik sejauh ini. Punya keluarga yang lengkap dan teman yang banyak. pekerjaan saya lebih dari cukup..cukup gajinya,kekayaan hati dan pengalamannya yang sungguh sangat signifikan bagi saya, pekerjaan yang membuat saya terus belajar tiap hari dan memberikan saya kesempatan untuk memiliki banyak anak-anak meski bukan terlahir dari rahim saya sendiri. di usia 29, saya masih sendiri dan masih belum ada petunjuk siapa yang akan menjadi pendamping saya hingga tua nanti, tapi seperti yang kakak saya-arina bilang, Tuhan (mungkin) belum melengkapi saya untuk hal itu, tapi Ia telah memberi banyak sekali keberkahan diberbagai sisi lainnya; pekerjaan, uang dan teman-teman.

Satu tahun sebelum usia 30 menjelang..ketika lilin akan ditiup saya berdoa semoga Dia Yang Maha Mengetahui segala sesuatu itu mengabulkan pengharapan saya untuk pendamping, sekolah dan karier..tapi yang paling penting dari semua itu, semoga Ia selalu memberikan saya hati yang semakin bijak dan penuh syukur sehingga tetap bisa melihat segala sesuatu dengan lebih baik...

8 komentar:

perniquesenja mengatakan...

sebetulnya pengen nelpon pas tanggal 7 kemarin, namun entah kenapa saya kehilangan kata-kata...saya hanya pengen ketemu dan memelukmu sambil membawa kado kejutan lengkap dengan kartu ucapan 'Selamat Ulang Tahun, Semoga Allah SWT menggenapi semua permohonanmu'.

Hesty Wulandari mengatakan...

ga papa bude..no worry..lagian dirimu kan udah mengirimi ucapan selamat dua kali :)

Desi mengatakan...

enjoy your 29th ty, coz it only happend once in your life time...

Hesty Wulandari mengatakan...

ici : i do enjoy it a lot..:) i got more just a birthday..friends, surprises and gifts..more than enough :) but still, i want a new wallet..ha ha

Wanda mengatakan...

Siapa tuh Ty yang ulang tahun pas SMU? Kok Wanda ga diundang ya? *salah fokus*

Ty, you already have a complete life because you have Allah by your side. Nothing and nobody in this world can ever complete us the way He does :)

Have a blessed b'day ya sis :)

Hesty Wulandari mengatakan...

wanda : itulah wanda..hesty juga lupa nama teman kita itu..ha ha ..tapi pesta ultah teman itu salah satu yang sangat diingat :)
I do love my live now..i feel much complete too and after reading your comment, i feel more grateful and more complete ..arigato :)

Himawan Pridityo mengatakan...

30 is good. Trust me. :)

Hesty Wulandari mengatakan...

HP : 29 is good too..trust me :)