Minggu, 04 Desember 2011

Bilang Terima Kasih? Ga Susah Kok

Ada 2 kata singkat yang sering dilupakan oleh banyak orang ketika berhadapan dengan orang lain, padahal kata itu begitu singkat dan untuk mengucapkannya kita hanya memerlukan mungkin hanya satu detik saja. Kata yang saya maksudkan adalah terima kasih.

Kata terima kasih bagi saya menunjukkan bahwa saya menghargai tindakan, bantuan ataupun pekerjaan yang telah dilakukannya untuk meringankan kondisi saya. Jika saya yang mendapatkan terima kasih, maka itu artinya seseorang telah menghargai apa yang telah saya lakukan untuknya. Terima kasih tidak selalu diberikan untuk hal-hal yang bersifat materi. Ia bahkan akan jauh lebih bernilai dibandingkan dengan materi itu sendiri. Seringkali kita lupa mengucapkan terima kasih untuk hal-hal yang sepele yang kita terima atau mungkin karena pekerjaan yang telah dilakukan oleh orang lain untuk kita karena jika dinilai dengan materi harganya tidak seberapa.

Setiap kali ke mall, saya selalu bertemu dengan dua pos kecil yang menjadi tempat bekerjanya para juru print parkir dan setiap kali saya mengantri masuk, sering saya melihat banyak orang hanya mengambil tiket lalu pergi begitu saja. Suatu ketika, saat giliran saya tiba, setelah tiket tercetak dan saya ambil, saya menyempatkan untuk bilang :"makasih" sambil tersenyum. Dan apa yang terlihat didepan mata saya cukup mengagetkan. Mas-mas yang ngeprint tiket itu terlihat kaget, lalu dengan senyum juga ia berteriak "sama-sama". Kenapa ia kaget? mungkin selama ini jarang ada orang yang bilang terima kasih waktu ngambil tiket. Perhatiin deh kalo masuk mall atau tempat-tempat lain yang pakai tiket parkir, seringnya banyak orang yang langsung pergi begitu saja setelah mengambil tiet, sebagian lagi malah mengambil tiket dengan muka cemberut kalau tiketnya kelamaan dicetak. Padahal kalo dipikir-pikir, kalo mbak-mbak atau mas-mas yang ngeprint tiket itu ga ada, pasti yang bawa kendaraan di mall ga bisa parkir.

Saya juga selalu mengucapkan terima kasih pada supir angkot waktu membayar ongkos dan biasanya juga dibalas dengan bengong. mungkin dianya berpikiran kenapa penumpangnya yang ngomong terima kasih ya? kan yang dapat penghasilan sopirnya. Padahal kalo dipikir-pikir lagi, memang kita yang berkontribusi atas pendapatan yang diperoleh bapak sopir pada hari itu karena kita yang punya uang, tapi kalo ga ada angkot yg disupiri orang lain buat ditumpangi, lalu kapan sampainya kita ke tujuan?.

Kata terima kasih ini sebenarnya termasuk kata yang ajaib menurut saya. Ia bisa mencerahkan hati banyak orang dan bahkan malah membuat rikuh banyak orang juga. Tidak jarang sebenarnya banyak orang yang akhirnya merasa kalau yang ia kerjakan untuk orang lain itu ga seberapa artinya ketika ia menerima ucapan terima kasih dari orang lain. Abang angkat saya misalnya, setiap kali ia menelpon untuk mendengarkan keluh kesah saya, saya pasti mengakhiri dengan kata-kata :
"thank u for calling me abang"
dan sebagai jawabannya :
"ah, makasiy buat apa dek..abangmu malu sebenarnya tidak bisa setiap saat menjadi abang yang baik untukmu. tapi mudah-mudahan kamu selalu baik disana".
kata-kata yang selalu bikin haru. kurang pantas apa coba kita mengucapkan terima kasih untuk yang menelpon kita? kecuali untuk debt collector atau orang iseng kali ya..setidaknya mereka sudah mengorbankan pulsanya untuk mendengarkan suara kita, apalagi kalo yg nelpon kaya abang angkat saya itu..

Dan yang paling menggetarkan kalo mesti mengucapkan terima kasih itu ya sama orang tua. Dulu, waktu ngekos, setiap kali papa saya mengirimkan sms bahwa uang sudah dikirim, saya pasti menelpon atau mengirimkan sms untuk bilang terima kasih banyak..dengan nada tercekat...lain waktu ketika beliau yang mengucapkan terima kasih karena saya belikan pulsa hp sekedarnya, saya malah terharu luar biasa.

Dengan menggunakan kata yang begitu sederhana, kita ternyata bisa mengubah hari banyak orang menjadi lebih cerah lo...Jadi, masih sulit buat ngucapin terima kasih?

5 komentar:

Wanda mengatakan...

Bener banget Ty, hal-hal yang penting dalam hidup itu sebenernya sederhana. Yang paling sering Wanda lupa itu bilang terima kasih sama Allah, bukan cuma ucapan, tapi bener2 dari hati..makasih ya udah ngingatin :)

ibnoe mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Hesty Wulandari mengatakan...

kita sedang sama2 saling mengingatkan dan diingatkan kok wan..seringkali kebahagiaan yang kita dapatkan juga dari hal-hal kecil ya wan..dan hal-hal besar datangnya juga dari hal2 kecil dulu

Desi mengatakan...

pengalaman mendapatkan ucapan terimakasih dari org tua waktu ngisiin pulsa sering aku alami, sedangkan kita mungkin masih kurang untuk mengucapkan kata itu kepada beliau berdua. Setiap mengucapkan terimakasih kpd ortu, lebih sering suara dan hati bergetar krn rasa haru, akhirnya mata berkaca-kaca. terimakasih ty untuk postingannya :) dan terimakasih untuk persahabatanmu selama ini :)

Hesty Wulandari mengatakan...

ici : aaahhhhh..kamuuu bikin aku terharuuuu...makasiy udah mengingatkan kalo kita masih jarang bilang makasiy ama orang tua...i will do it more..about friendship? i should say thanks more to you..for the chance that bring me here so that i can enjoy my life today..for many treats, joy and happiness as well :)